Binahong Makassar

tumbuhan herbal binahong atau dengan nama latin Anredera cordifolia (ten.)steenis) merupakan tumbuhan menjalar, berumur panjang (parenial), dapat menempuh panjang kurang lebih 5 m. Tanaman binahong berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang merekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar (rochani N, 2009)

Tanaman binahong memiliki daun dengan ciri ciri tunggal, bertangkai sungguh-sungguh pendek (subsessile), tertata berseling, erwarna hijau, wujud jantung (cordota), panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, dan bisa dimakan.

Tumbuhan menjalar ini berbunga majemuk bernentuk tandan, bertangkai panjang, timbul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5-1 cm, beraroma harum. Rimpang tanaman binahong yang berbentuk rimpang, berdaging lunak.

Bentuk Dan Ciri Khas Tumbuhan Binahong


Daun: Format daun binahong adalah tunggal, bertangkai pendek, susunannya berseling, berwarna hijau, bernbentuk jantung, panjangnya 5-10 cm dan lebarnya 3-7 cm helaian daun tipis lemas, uung runcing, pangkal berlekuk, tepi rata, permukaan licin dan bisa di makan.
Batang: Batang dari tanaman binahong lunak, berbentuk silindris, saling mebelit, permukaan halus dan berwarna merah.
Akar: Bentuk dari akarnya rimpang dan berdaging lunak.

Tempat Hidup Tubuhan Binahong


Tumbuhan ini berasal dari wilayah afrika timur dan Madagaskar, menyebar ke bermacam-macam wilayah tropis mudah tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Banyak dibudidayakan sebagai taman hias atau obat herbal di dalam pot, halaman, pelataran atau kebun.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Anredera Cordifolia (ten.) steenis berkembang biak dengan sistem generatif (biji), tapi leih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui rimpangnya. Tumbuhan ini mudah tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Banyak ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias dan obat.

Dibeberapa tempat di wilayah indonesia tumbuhan ini tumbuh dengan suburnya dan namanya malah dikasih sesuai dengan nama tempat tersebut, contohnya di tempat Sunda dan Bali, binahong lazim disebut dengan Gondola, meskipun di Minangkabau disebut Lembayung, di tempat jawa disebut Uci-Uci, di tempat madura biasa disebut Kandula, di tempat Sulawesi Utara disebut denganTatabuwe dan banyak lagi penyebutan di daerah lain.

Kandungan Kimia Binahong


Tanaman binahong mengandung saponin, alkaloid, polifenol, flavonoid, dan mono polisakarida termasuk L-arabinosoa, D-galaktose, D-glukosa yakni salah satu yang paling umum bagian rantai terpasang. Tanaman ini juga mempunyai senyawa tinggi flavonoid dari daun, batang, umbi-umbian, dan bunga yang mungkin berguna sebagai anti-mikroba.

Sebagai flavonoid memiliki peran lantas sebagai fungsi antibiotik memiliki target spectrum yang luas. Daun binahong mempunyai kesibukan sebagai antioksidan, asam askorbat, senyawa fenolik dan senyawa hal yang demikian memiliki kemampuan melawan kuman gram positif dan gram mengatif lebih rentan pada efek penghambatan diterapkan dalam pengobatan penyakit menular seksualitas. Daun juga mempunyai kandungan asam oleanolik yang memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit pada luka bakar. Asam asam oleanolik adalah mengandung triterpenoid, dan dari umbi umbian itu ditemukan kandungan protein (ancordin) sebagai stimulant kekebalan tubuh untuk menstimulus penyusunan antibodi. Protein dapat merangsang oksida nitrit yang dapat meningkatkan aliran darah yang membawa gizi untuk tiap-tiap sel-sel jaringan dan merangsang tubuh untuk meproduksi hormon pertumbuhan dan reproduksi sel menggantikan sel rusak.

Manfaat Tumbuhan Binahong

Tumbuhan binahong mulai dari batang, daun hingga akarnya mempunyai khasiat dan manfaat buat kesehatan tubuh manusia. Berikut ini info khasiat dan manfaat binahong untuk kesehatan.

Anti Oksidan Natural: Khasiat daun binahong dapat menjadi antioksidan untuk menangkal penyebab zat karsinogen memicu sel kanker. Dengan makan daun binahong tiap-tiap hari bisa menjadi pelindung tubuh untuk terhindar dari radikal bebas yang menyebabkan penyakit membahayakan seperti kanker, tumor dan lainnya.

Mencegah Penyakit Diabetes: Manfaat dari daun binahong bisa menolong penderita penyakit diabetes. Kandungan alkoloid mempunyai sifat hipoglikemik yang basi menbantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Menurunkan Kolesterol: Kandungan saponin yang ada di dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol. Kandungan ini ternyata dapat menolong menyelesaikan kolesterol jahat dan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Mencegah Nafas Pernapasan Sesak: Khasiat daun binahong untuk mencegah sesak napas sangat baik. Mengatasi akan menjadi lancar setelah mengkonsumsi daun binahong, amat pantas diberikan pada penderita asma.

Selain Batuk: Khasiat lain untuk daun binahong dapat meredakan batuk dan gejala batuk. Daun herbal ini juga ampuh untuk menghentikan pendarahan pengaruh batuk.

Menyehatkan Paru-Paru: daun binahong memiliki khasiat yang bagus untuk paru-paru. Para perokok yang masih aktif bisa mewujudkan binahong sebagai minuman obat untuk menjaga kesehatan dari efek negatif dari rokok yang dihisap setiap hari.

Memulihkan Stamina: Kerja setiap hari menyebabkan stamina menjadi turun dan rasa lelah akibat kerja setiap hari tak dapat terhindari. Dengan mengonsumsi Ekstrak Daun Binahong setiap hari akan membikin tubuh menjadi berstamina dan kesehatan tubuh menjadi terjaga.

Mempercepat Penyembuhan Luka: Dengan mengkonsumsi daun binahong tiap-tiap hari ketika anda mengalami luka yang serius bisa menjadikan luka yang dialami menjadi pesat sembuh. Kandungan alami dalam daun ini akan meregenerasi sel yang mati dan memberikan suplay oksigen yang banyak kejaringan luka sehingga mempercepat kesembuhan pada luka yang dialami.

Efek Samping Daun Binahong


Sebagian manfaatnya yang begitu banyak, daun ini juga mempunyai beberapa efek samping yang dimunculkan saat penerapan. Amat diantara efek samping yang dilaporkan pernah muncul setelah mengkonsumsi daun binahong merupakan pusing, imsonia, gelisah, sakit kepala, mual, muntah, kesemutan, susah buang air kecil dan detak jantung berdebar lebih cepat. Kecuali ini cuma terjadi pada sebagian orang tertentu saja. ini ialah efek dari tubuh menerima perubahan sesudah mengkonsumsi daun binahong.

tak disarankan mengkonsumsi daun binahong sesudah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, hal ini meningkatkan kemungkinan efek samping dari daun binahong. Untuk ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun binahong. Sebagian itu ada sebagian laporan pasien mengalami nyeri dada setelah mengonsumsi daun binahong.

Efek samping ini terjadi cuma pada beberapa orang tertentu saja namun hampir beberapa besar pengaplikasian daun binahong merasakan manfaat bagus dari tumbuhan herbal yang satu ini.

Artikel terkait:
herbal makassar
https://herbalmakassar.com/product/kapsul-binahong/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Kapsul Binahong Di Makassar

Kapsul Binahong Makassar